Cara Menaman dan Memelihara Kelapa Sawit di Lahan Gambut

Menaman dan Memelihara Kelapa Sawit di Lahan Gambut

Menaman dan Memelihara Kelapa Sawit di Lahan Gambut

Banyak orang yang berpendapat bahwa menanam kelapa sawit di lahan gambut haram hukumnya, hal ini disebabkan karena sulitnya proses penanaman kelapa sawit dan pemerilaharaan yang dibutuhkan. Selain itu, pemanfaatan lahan gambut juga seharusnya menjadi opsi terakhir yang di pilih karena lahan ini sangat penting bagi keseimbangan ekologi dan ekonomi.
Namun jika memang tidak ada pilihan lain, Anda dapat menanam kelapa sawit di lahan gambut dengan memperhatikan beberapa cara berikut ini agar berhasil.

7 Langkah Menanam KelapaSawit di Lahan Gambut

Di bawah ini adalah langkah-langkah yang harus Anda perhatikan ketika menanam kelapa sawit di lahan gambut.

·         Perhatikan Kelayakan Lahan kelapa sawit
Langkah awal yang harus Anda tempuh ketika menanam kelapa sawit di lahan gambut adalah melakukan survey kelayakan tanah yang akan dijadikan lahan budidaya kelapa sawit. Beberapa aspek yang harus diperhatikan adalah legalitas dan karakteristik tanah, kematangan dan kedalaman gambut, frekuensi dan alam genangan serta kedalam lapisan pirit.

·         Membuka Lahan Kelapa Sawit Secara Tepat dan Benar
Membuka lahan gambut harus menggunakan metode zero burning (tidak ada pembakaran sama sekali). Karena pembakaran lahan hanya akan membuat tanah kering dan unsur hara organik akan hilang.

·         Mengelola Suplai Air
Penanaman kelapa sawit Lahan gambut yang sudah kering sangat sulit untuk dibasahkan kemabli, oleh sebab itu dibutuhkan tata kelola sumber daya air yang tepat. Salah satu caranya adalah dengan membangun benteng sebagai penahanan air laut, parit untuk menampung dan menyalurkan air dan pintu air yang berfungsi mempertahankan muka air.

·         Pemadatan Tanah Gambut
Pemadatan bertujuan untuk membuat tanah menjadi padat sehingga daya topak terhadap pohon lebih kuat dan tidak mudah tumbang. Jika Anda tidak melakukan pemadatan tanah terlebih dahulu, maka pohon akan mudah tumbang sebab akarnya yang tidak kuat.

·         Perawatan kelapa sawit yang Baik
Perawatan kelapa sawit di lahan gambut hampir sama dengan perawatan kelapa sawit di lahan mineral, namun ada beberapa hal yang harus Anda perhatikan, seperti pembangunan sarana dan prasarana yang lebih khusus. Hal ini berkaitan dengan pemasangan gambangan kayu, membrane geoteks dan penimbunan dengan menggunakan tanah mineral.

·         Pemupukan kelapa sawit yang Tepat
Pemupukan kelapa sawit di lahan gambut juga menjadi sangat penting. Sebenarnya pupuk yang digunakan hampir sama dengan kelapa sawit di lahan mineral, hanya saja pada lahan gambut dengan Ca dan Mg lebih tinggi daripada K diperlukan teknik pemupukan khusus. Misal: tidak perlu pengapuran, pemberian KCL dengan dosis 3-5 kg/pohon/tahun, serta memberikan pupun mikro seperti Cu, Fe, Zn dan B.

·         Waspadai Api
Menanam kelapa sawit di lahan gambut sangat rentan terhadap kemungkinan terjadinya kebakaran lahan. Oleh karena itu Anda harus mengawasinya agar hal tersebut tidak terjadi.

Nah itu dia beberapa tips atau cara menanam kelapa sawit di lahan gambut, semoga bermanfaat.




0 Response to "Cara Menaman dan Memelihara Kelapa Sawit di Lahan Gambut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel